Fakta Mengenai Anjing English Mastiff

Fakta Mengenai Anjing English Mastiff

Daftaranjingras.web.id – Menjadi anjing dengan gelar terbesar di dunia membuat English Mastiff memiliki besar setara dengan kuda poni. Berbeda dari anjing besar lain yang memiliki tubuh raksasa karena bulu yang lebat, anjing English Mastiff berbulu pendek. Ukuran besarnya memang benar-benar berasal dari struktur tulang yang besar. Penasaran bagaimana potret gagah anjing pemilik rekor terbesar ini? Berikut beberapa fakta mengenai anjing english mastiff yang harus kalian ketahui :

Anjing English Masiff merupakan anjing turunan dari jenis Alaunt dan Molosser kuno. Kesimpulan ini didapat berdasarkan relief yang disimpan di Museum British. Di sana terlihat anjing yang sangat mirip dengan Mastiff hidup sejak 2.500 sebelum masehi di daerah Pengunungan Asia.

2. Anjing penjaga yang tenang dan setia
English Mastiff merupakan anjing tipe penjaga yang bersifat tenang. Mastiff memiliki struktur tulang besar dan kuat sehingga tugasnya menjadi penjaga sangat pas. English Mastiff sewaktu kecil merupakan anak anjing yang imut dan menggemaskan seperti boneka.

3. Sempat hampir punah hingga akhirnya kembali populer
Pada zaman Romawi kuno Mastiff digunakan sebagai hewan untuk bertarung melawan hewan lainnya. Mereka diadu dan dipertaruhkan untuk mendapat imbalan yang lebih besar. Kemudian para perang dunia ke II anjing ini juga banyak ditelantarkan karena ketersediaan makanan yang terbatas. Populasi Mastiff merosot drastis dan hampir punah, namun beruntungnya hal itu tidak terjadi berkat perkembangbiakan sisa populasi yang tepat.

Baca Juga : Fakta Mengenai Anjing Alaskan Malamute

4. Mendapat predikat anjing terbesar di dunia
Berbagai sisi pandang dapat diperhitungkan dalam menentukan predikat terbesar di dunia. Sebetulnya anjing dengan jenis Great Dane dan Irish Wolfhound memiliki tubuh yang lebih tinggi dari pada English Mastiff. Namun jika berbicara bobot tubuh maka Mastiff lah pemenangnya. Mereka bisa menyentuh angka 100-120 kg dengan tinggi 1-2 meter.

Tercatat pada tahun 1989 terdapat jenis English Mastiff terbesar bernama Zobra. Zobra yang kala itu berusia 8 tahun sudah berukuran jumbo dengan tinggi 90 cm, panjang 2,5 meter dan berat 155 kg.

5. Masa remaja dan usia matang yang cukup lambat
English Mastiff melewati masa remaja lebih lama daripada anjing jenis lainnya. Tubuhnya mungkin terus bertambah besar setiap tahunnya, namun kematangan fisik dan mental Mastiff baru tiba saat umurnya 3 tahun. Mastiff tergolong anjing yang aktif dan suka bermain di luar ruangan.

6. Membutuhkan pelatihan khusus
Dengan ukuran yang ekstra besar pemilik pastinya harus memiliki kendali penuh untuk mengendalikan Mastiff agar tetap berperilaku baik. English Mastiff memiliki hati yang cukup sensitif sehingga mereka perlu diberi latihan kecil untuk berinteraksi kepada orang banyak. Sebab ketika mereka merasa takut atau perasaannya terluka Mastiff bisa sangat keras kepala.

Related posts