Tips Cara Merawat Anak Anjing

Tips Cara Merawat Anak Anjing

Daftaranjingras.web.id – Memelihara Anak anjing yang masih kecil dan imut butuh perawatan khusus lho. Kalau mau adopsi anak anjing, kamu harus tahu perawatannya terlebih dahulu. Jangan sampai melakukan kesalahan karena bisa mempengaruhi pertumbuhan si anak anjing. Berikut beberapa tips untuk merawat anak anjing.

1. Jangan Pisahkan dari Induknya sampai Beberapa Minggu

Bayi anjing masih membutuhkan susu dari induknya sampai beberapa minggu dari saat dilahirkan. Jadi, sangat riskan kalau harus memisahkan anak anjing dari induknya apalagi kalau baru lahir. Tunggu dulu sampai anak anjing bisa menerima susu formula sebagai ganti susu dari induknya.

2. Beri Makan Lebih Sering

Saat sudah bisa makan makanan padat, anak anjing makan lebih sering daripada anjing dewasa. Biasanya mereka makan tiga sampai empat kali dalam sehari dengan porsi kecil. Nah, yang perlu diingat juga adalah nutrisi dalam makanan anak bayi harus seimbang tapi dalam bentuk yang lebih mudah untuk diamakan anak anjing.

Kalau pada waktu tertentu terlihat anak anjing tidak bisa menghabiskan makan siangnya atau makan sangat sedikit di waktu siang, porsi makan tersebut bisa mulai dihapuskan. Hal ini berarti anak anjing sudah siap makan dengan porsi dan waktu yang sama dengan anjing dewasa.

Pemberian makan juga harus rutin lho. Hal ini berhubungan dengan aktifitas toilet si anak anjing tersebut. Kalau makannya bisa rutin, maka buang airnya juga akan rutin. Tentu saja hal ini akan memudahkan pemiliknya untuk membersihkan kotoranya.

Jangan berikan makanan sembarangan dan di waktu yang sembarangan pula. Hal ini akan mengakibatkan pola makan dan buang airnya rusak. Nah kalau sudah begini, pemiliknya yang nanti akan kerepotan juga saat si anak anjing tak mau makan karena sudah terlalu banyak ngemil.

Baca Juga : Tips Cara Merawat Anak Anjing Bulldog

Rajin Sikat tapi Mandikan hanya satu atau dua kali sebulan
Mungkin banyak yang berpikir kalau dimandikan lebih sering, maka anjing akan lebih bersih. Hal ini salah besar! Kalau terlalu sering dimandikan, bulu-bulunya akan cepat rontok. Jadi jangan dimandikan sering-sering, apalagi kalau masih bayi.

Sikat saja bulunya dengan sikat yang lembut atau sikat khusus anjing sehingga bulunya tetap rapi dan bersih dari kutu. Anak anjing masih sensitif dengan air, jadi jangan mandikan. Kalau memang perlu cukup dilap saja dengan handuk basah.

3. Latih Anak Anjing

Jangan lupa untuk melatih anak anjing sedini mungkin supaya nantinya terbiasa. Yang paling penting adalah latihan buang air pada tempatnya. Kalau ada induknya, biasanya anak anjing akan mengikuti apa yang induknya lakukan. Namun kalau tidak ada induknya, pemiliknya bisa melatih dengan membiasakannya buang air di tempat yang disediakan.

Nah, itulah cara merawat anak anjing yang baik dan benar. Ada banyak hal lainnya yang harus diperhatikan, jadi sebaiknya konsultasi dengan dokter hewan terlebih dahulu sebelum adopsi atau beli anak anjing ya.

Related posts