Tips Perawatan Dasar untuk Segala Jenis Anjing

Tips Perawatan Dasar untuk Segala Jenis Anjing

Daftaranjingras.web.id – Apakah kalian sedang Ingin memelihara anjing dirumah? Sebelum memelihara anjing dirumah tentunya kalian harus tahu dulu lho cara dasar merawat anjing seperti apa. Katanya sih merawat anjing gampang-gampang susah, tapi kalau salah bisa jadi malah anjingnya tidak nyaman. Jadi sebelum memutuskan untuk memelihara anjing, alangkah baiknya untuk mempelajari cara memelihara anjing berikut ini.

• Belilah Keperluan Dasar untuk Anjing

Sama halnya dengan hewan peliharaan lainnya, anjing juga perlu makan, minum, mandi, tidur, buang air, dan bermain. Jadi, pastikan hal tersebut sudah terpenuhi terlebih dahulu. Belilah makanan anjing dan tempat makannya. Kalau mau hemat, mungkin bisa pakai mangkuk kecil yang sudah tidak terpakai. Tempat minum juga bisa beli atau pakai mangkuk kecil juga. Tapi ingat, semakin besar anjing, tempat makan dan minumnya juga harus semakin besar ya. Untuk makanannya, bisa beli bermacam jenis dengan ukuran yang kecil terlebih dahulu, kemudian lihat yang mana yang paling disukai anjingnya. Kemudian belilah makanan tersebut dengan jumlah banyak sekaligus agar lebih hemat

Untuk kebersihan anjing, belilah sikat, sisir, dan shampoo khusus untuk anjing. Kalau tidak begini, bisa-bisa bulunya rontok semua. Jadi, lebih baik konsultasi terlebih dahulu produk yang mana yang cocok untuk anjing. Beli juga tempat tidur untuk anjing, kalau mau lebih hemat sih bisa sediakan bantal atau kain yang ditumpuk-tumpuk saja. Pastikan juga anjing punya tempat khusus untuk buang air. Pasti tidak mau kan rumah kotor karena anjing buang air di sembarang tempat.

Jangan lupa juga beli atau buat tanda pengenal untuk anjing supaya kalau nanti semisal hilang, bisa ditemukan dengan mudah. Beli juga tali penuntunnya. Anjing paling suka diajak jalan-jalan, kalau tanpa tali penuntun dia akan lari dengan bebas begitu saja dan pasti akan sulit mengejarnya.

Baca Juga : Mengenai Anjing Siberian Husky

• Ciptakan Kondisi yang Nyaman

Kalau si anjing baru sampai dirumah, pastikan anjing merasa aman dan nyaman terlebih dahulu. Biasanya butuh beberapa hari sampai anjing mulai terbiasa. Kalau punya peliharaan lainnya, sebaiknya dipisahkan terlebih dahulu. Jangan paksakan anjing untuk buang air ditempat yang disediakan pada hari pertama. Biarkan anjing untuk mengeksplor rumah terlebih dahulu sehingga ia mengenal daerah tersebut.

Mungkin pertama-tama, anjing masih akan menghindari pemiliknya. Jadi, pastikan untuk meluangkan waktu untuk berkenalan satu sama lain. Jika hendak memegangnya, gendonglah dengan kedua tangan dan dekap di dada, dengan begitu si anjing akan merasa aman dan nyaman.

Pastikan juga anjing mendapatkan tempat khusus untuknya sendiri, dengan begitu ia akan merasa lebih aman dan nyaman. Berikan tempat yang senyaman mungkin. Kalau masih anak anjing, lebih baik diberi alas yang empuk dan nyaman.
Jadi, sudah siap untuk memelihara anjing? Ingat, yang terepenting adalah kenyamanan dan kesehatan anjing harus selalu dijaga. Dengan begitu, anjing maupun pemiliknya akan sama-sama senang. Selamat mencoba.

Related posts