5-Jenis-Anjing-Yang-Kecil-Dan-Lucu

5 Jenis Anjing Yang Kecil DanLucu

daftaranjingras –  Setiap pecinta hewan tentu memiliki kriteria hewan peliharaan idamannya masing-masing. Ada yang menyukai hewan-hewan peliharaan eksotis seperti reptil, namun ada juga yang lebih memilih untuk memelihara hewan mainstream, seperti kucing dan anjing.

Bagi pemula, memelihara anjing kecil mungkin bisa menjadi pertimbangan. Selain pemberian makanannya lebih mudah, anjing kecil juga tidak membutuhkan ruang terlalu besar.

Bingung memilih jenis anjing yang akan dipelihara? Apalagi jenis-jenis mini yang lucu ini memang bisa ditemukan dengan mudah di Indonesia. Kira-kira, adakah jenis anjing terkecil yang bisa dijadikan peliharaan?

1. Pudel

pudel

 

 

 

 

 

 

Jenis anjing kecil yang cukup favorit adalah pudel. Anjing yang bulunya nampak keriting dan tebal seperti boneka mainan ini memang sangat menggemaskan. Ditambah lagi pudel memiliki sifat yang patuh, aktif, pandai, dan mudah dilatih. Ras anjing yang berasal dari Jerman ini mampu bertahan hidup selama 12-15 tahun.

Pudel memiliki beberapa jenis, tapi jenis yang paling banyak dipelihara adalah toy poodle atau pudel mainan. Mengingat bulu anjing ini nampak seperti bulu boneka, Anda harus benar-benar memperhatikan perawatannya dengan baik, termasuk rajin membawanya ke salon. Tertarik untuk memelihara anjing ini? Jika ingin memeliharanya, Anda bisa beli anjing pudel dengan kisaran harga 5 jutaan atau mungkin lebih dari itu.

2. Pomerania

Pomerania

 

 

 

 

 

 

 

 

Dari sekian banyak jenis anjing yang banyak dipelihara di Indonesia, Pomerania atau yang dikenal sebagai anjing pom adalah jenis anjing super mini yang paling sering dipelihara. Anjing ini tidak bisa bertumbuh besar. Bobot maksimal anjing ini hanya sekitar 3,5 kilogram sehingga pomerania sangat cocok untuk dijadikan hewan peliharaan di rumah atau apartment yang tidak terlalu besar.

Pomerania termasuk ras anjing spitz, kumpulan anjing berbulu tebal dan panjang serta memiliki daun telinga agak kecil dan tegak. Mengingat bulu anjing pom terlihat tebal dan cepat bertumbuh panjang, Anda harus rutin memotong bulunya di salon agar terlihat rapi.

Jenis anjing asal Jerman ini memiliki masa hidup 12-16 tahun. Pomerania memiliki warna putih, abu-abu, hitam, cokelat, kuning kecokelatan, dan jingga. Namun, warna anjing pom yang sering terlihat adalah cokelat dan kuning kecokelatan.

3. Maltese

Maltese

 

 

 

 

 

 

Sepintas Maltese memang terlihat mirip dengan pudel, tetapi kedua jenis anjing ini merupakan dua ras yang berbeda. Maltese memiliki bulu yang seperti boneka, tapi tidak terlalu keriting seperti pudel. Uniknya, dengan bulunya yang panjang dan tebal ini seringkali kita menjumpai anjing maltese yang bulunya memang sengaja dipanjangkan oleh pemiliknya sehingga nampak seperti rambut wanita yang panjang terurai.

Maltese bersifat senang bermain, jinak, lembut, responsif, dan cukup aktif. Walaupun terlihat kecil dengan bobot maksimal 4 kilogram, maltese termasuk jenis anjing kecil yang pemberani. Sampai saat ini, warna anjing maltese hanya putih saja.

Baca Juga : Beberapa Jenis Ras Anjing Paling Cerdas dan Pintar

4. Pug

Jika Anda ingin memelihara anjing kecil dengan wajah yang sangat lucu dan anti-mainstream, anjing pug ini bisa menjadi alternatif bagi Anda. Jenis anjing kecil ini memiliki ciri bertubuh gempal, kepala bulat dengan moncong pendek, hidung pesek, dan telinga tipis seperti kelopak bunga mawar. Bulu anjing pug sangat pendek dan halus. Warna pug yang biasa dijumpai di Indonesia antara lain adalah apricot, hitam, silver, dan fawn.

5. Chihuahua

Salah satu jenis anjing kecil terkenal dan favorit di kalangan para selebriti dunia adalah chihuahua. Bahkan, Paris Hilton pun memelihara jenis anjing ini. Dengan ukurannya yang seperti mainan, chihuahua memang bisa menjadi “teman” yang manis di tempat tinggal Anda.

Berat badan chihuahua biasanya tidak melebihi angka 3 kilogram. Selain itu, pilihan warna jenis anjing ini cukup beragam, mulai dari hitam, putih, cokelat, cokelat kekuningan, krem, dan emas. Bulu anjing ini tidak sepanjang pudel atau pomerania sehingga perawatannya pun tidak terlalu sulit.

Chihuahua merupakan tipe anjing yang bersemangat dan sangat lincah. Meskipun ukuran tubuhnya sangat mini, anjing ini membutuhkan ruang yang cukup besar karena ia sangat aktif bergerak.