Beberapa-Jenis-Ras-Anjing-Paling-Cerdas-dan-Pintar

Beberapa Jenis Ras Anjing Paling Cerdas dan Pintar

daftaranjingras – Anjing merupakan hewan peliharaan yang terkenal akan kecerdasaanya. Mereka bisa dilatih untuk keperluan tertentu, salah satu diantaranya yang paling terkenal adalah menjadi anjing pelacak.

Namun, jika kamu memperhatikan dengan seksama, ternyata tidak semua anjing bisa dilatih untuk keperluan tertentu. Ini berkaitan dengan tingkat kepintaran anjing itu.

List jenis anjing ras terpintar
Lantas apa saja ras anjing terpintar yang terkenal di dunia? Berikut adalah beberapa diantaranya.

Border Collie

border-collie

 

 

 

 

 

 

 

 

Anjing ini memiliki energi yang besar, baik secara mental maupun fisiknya. Ia sangat menyukai ketika dibiarkan bermain dengan bebas di taman dan termasuk anjing yang sangat pintar serta patuh.

Tetapi jika ia tidak melakukan apapun, maka ia bisa menjadi mesin penghancur seisi rumah.

Jadi, jika kamu adalah orang yang aktif, maka kamu harus memeliharanya, karena ia tidak bisa diam dan sangat senang jika melakukan suatu hal.
Tidak hanya cerdas, ia juga sangat protektif terhadap pemiliknya. Oleh karena itu, ia perlu dilatih untuk menahan diri ketika ada orang lain.

Bahkan anjing ini juga tak segan mengejar hewan lain yang berada dekat dengan dirinya ataupun dekat dengan pemiliknya.

Berkat kecerdasan dan keaktifannya, anjing ini juga sering dijadikan sebagai anjing penggembala dan sering diikut sertakan ditiap perlombaan.

Tak heran, ia disandang sebagai anjing terpintar di dunia diantara ras anjing lainnya.

Poodle

Poodle

 

 

 

 

 

 

Siapa yang tidak mengenal ras murni ini. Bulunya yang sangat unik, membuatnya begitu dikenal. Tingkahnya juga sangat menggemaskan. Selain itu, anjing ini juga sangat pintar.

Ketika ia dilatih, maka ia akan cepat memahami apa yang diajarkan untuknya. Ia juga sangat mudah mempelajari berbagai macam trik dan permainan.

Anjing ini juga sangat menikmati proses latihan, jadi tidak ada ceritanya ia akan merajuk ketika latihan.

Jika ia berhasil melakukan suatu trik, maka ia harus diberi hadiah atas usahanya tersebut.

Hal ini membuatnya lebih semangat untuk berlatih. Berkat kepintaran dan kegemarannya dalam bermain, anjing ini juga sering bermain di sirkus.

German Shepherd

German-Shepherd

 

 

 

 

 

 

Anjing ini merupakan ras murni yang memiliki otot, berukuran sedang hingga besar, berbulu sedang dan bertelinga tegak.

Anjing ini amat menyukai aktivitas berat, seperti pelatihan. Tak heran, ia sering kali dijadikan anjing untuk menemani tugas polisi.
Selain itu, anjing ini juga sangat menyukai hal-hal yang menantang dan ditambah ia juga termasuk anjing yang cerdas.

Karena massa ototnya yang baik, maka stamina dan daya tahan tubuhnya juga baik. Oleh karena itu, ia juga bisa menjadi teman jogging.

Anjing ini harus dilatih dengan baik, karena ia akan gelisah jika tidak bisa melakukan perintah pemiliknya dengan baik. Bisa dibilang, anjing ini perfeksionis.

Jangan khawatir dengan latihan, karena ia sangat mudah menangkap hal baru dengan mudah. Ini berkat kepintaran yang dimilikinya. Minimal lima kali ulangan, biasanya anjing ini sudah paham.

Golden Retriever
Anjing ras murni yang satu ini memang sangat terkenal dengan kecerdasanya. Selain itu, warna coklat keemasan pada bulunya juga sering menjadikannya sebagai bintang iklan. Tingkahnya juga amat menggemaskan.

Anjing ini juga sering bermain di layar lebar dan selalu melakukan aksi-aksi yang cerdas. Tak heran, ia juga termasuk dalam jajaran anjing terpintar di dunia. Selain itu, ia juga sangat mudah dilatih, tetapi ia tidak suka dengan kekerasan.

Porsi latihan yang terlalu intens tidak cocok untuk anjing ini, karena mereka juga tidak menyukai hal itu.

Mereka sangat mudah dan sangat cepat beradaptasi, jadi latihan yang cocok adalah latihan yang santai dan memberinya kudapan ketika ia berhasil melakukan suatu hal.

Anjing ini dapat mempelajari banyak trik dan dapat dengan mudah mengingat hal-hal yang diajarkan seumur hidupnya.

Baca Juga :Beberapa Ras Anjing Termahal di Dunia

Doberman Pinscher
Anjing ini tidak hanya cocok dijadikan sebagai penjaga saja, tetapi dengan kepintaranya, ia bisa melakukan lebih dari itu. Ia sangat peka dengan hal yang membahayakan dan sangat siap melindungi keluarga dan rumahnya.

Ia termasuk anjing yang loyal dan sangat menyukai petualangan. Oleh karena itu, penting sekali untuk mengajaknya jalan-jalan secara rutin ataupun melepaskannya di taman.

Namun, ia juga termasuk anjing yang dominan, sehingga bisa jadi ia menantang anjing lainnya. Oleh karena itu, diperlukan latihan yang baik untuk menekan sikap tersebut.

Badannya yang besar, berorotot dan sangat kuat, akan membuat lawannya tak berdaya, terutama jika anjing yang menjadi lawannya berukuran lebih kecil.

Ia sangat mudah dilatih dan sangat menikmati proses latihan. Ia akan selalu mendengarkan perintah dan menuruti apa saja yang diperintahkan oleh pemiliknya.

Tidak perlu waktu lama untuk membuatnya paham terhadap suatu perintah atau latihan, sehingga melatih anjing ini menjadi sangat menyenangkan.

Shetland Sheepdog

Anjing ini sangat peka, cerdas dan senang sekali membuat pemiliknya bahagia. Ia juga terkenal sebagai anjing yang sangat patuh, cepat belajar dan sangat setia dengan keluarga yang merawatnya.

Tidak hanya itu saja, ia juga dapat bergaul dengan anak-anak, walaupun terkadang ia dapat menggigit juga, tetapi hanya sebatas candaan. Tetapi, anjing pintar ini ternyata juga pemalu dengan orang asing dan sering kali menggonggong.

Walaupun cerdas, ketika memasuki tahap pelatihan, ia ternyata membutuhkan beberapa ulangan untuk menjalankan instruksi yang spesifik. Jika instruksi yang diberikan sederhana, ia dapat menangkapnya dengan cukup cepat.