Fakta Mengenai Anjing Samoyed

Fakta Mengenai Anjing Samoyed

Daftaranjingras.web.id – Dibandingkan dengan ras anjing lainnya, ras anjing Samoyed bisa dibilang kurang terkenal. Namun, bukan berarti Samoyed kalah menggemaskan! Anjing dengan bulu putih yang panjang dan lembut ini dikenal dengan sifatnya yang ramah, periang dan cerdas. Tak heran, banyak yang menjadikan Samoyed sebagai anjing keluarga. Tahukah kamu fakta-fakta menarik seputar anjing Samoyed? Bagaimana karakteristiknya dan apa spesialnya dari ras anjing lain? Berikut akan kami bahas mengenai apa saja fakta menarik mengenai anjing samoyed yang harus kalian ketahui :

1. Awalnya dikembangbiakkan sebagai anjing penggembala
Sebelum menjadi anjing peliharaan keluarga seperti sekarang, Samoyed sengaja dibiakkan untuk menggembala ternak. Bukan hanya itu, Samoyed juga dibiakkan untuk mengangkut kereta luncur dan digunakan untuk berburu oleh orang Samoyed di barat laut Siberia, ungkap laman Dog Time.

Meskipun tidak lagi digunakan sebagai anjing penggembala, nyatanya insting Samoyed sebagai anjing penggembala masih tersisa hingga kini. Tak jarang, ketika bermain-main dengan anak kecil, Samoyed tanpa sadar akan berusaha mengubah dan memindahkan mereka ke arah yang berbeda.

2. Dijuluki sebagai ‘the smiley dog’
Selain sifatnya yang ramah dan periang, Samoyed juga kerap dijuluki sebagai ‘the smiley dog’. Hal ini karena bentuk paras wajahnya yang membuatnya seperti tersenyum setiap saat. Di saat Samoyed menjulurkan lidahnya, bentuk mulutnya akan tertarik ke atas dan membuatnya seolah sedang tersenyum ramah.

Bukan hanya itu, ketika Samoyed tersenyum, matanya akan terlihat bersinar ramah serta telinga menjadi tegak menandakan kewaspadaan dan kecerdasan. Tak heran apabila Samoyed sering dijadikan sebagai anjing kesayangan keluarga.

3. Meski begitu, Samoyed adalah anjing penjaga yang buruk
Di balik sifatnya yang ramah dan periang, Samoyed tidak cocok menjadi anjing penjaga. Ini karena Samoyed terlalu ramah dan mudah akrab pada orang asing. Selain itu, Samoyed juga memiliki sifat lembut dan kurang agresif. Bukan hanya Samoyed yang jadi anjing penjaga terburuk, tetapi juga Golden Retriever, Labrador Retriever dan Basset Hound.

Namun, tentu saja kepribadian anjing bisa berubah, tergantung keadaan, lingkungan dan siapa orang yang memeliharanya. Samoyed yang periang dan ramah bisa berubah menjadi pemalu, malas dan agresif akibat diabaikan dan mendapat perlakuan buruk, ungkap laman Samoyed Club of America.

4. Merupakan anjing yang aktif dan membutuhkan olahraga setiap hari
Bisa dibilang, Samoyed adalah anjing yang ekstrovert. Samoyed sangat menyukai berada di sekeliling manusia, sangat aktif dan memiliki energi tinggi. Samoyed menikmati ketika dilatih dan diajak berolahraga. Jika dibiarkan sendiri, Samoyed akan menjadi anjing yang pemalas dan membuatnya menjadi obesitas.

Saking aktifnya, kadang-kadang bila dibiarkan, maka Samoyed akan mencari aktivitas sendiri yang menurutnya menyenangkan. Seperti bermain dengan anak-anak, berlarian di halaman belakang atau bahkan menggali tanah. Sifatnya yang terakhir bisa dibilang mengganggu dan harus dibiasakan untuk berhenti.

5. Memiliki bulu tebal yang menjaganya tetap hangat di cuaca dingin
Karena berasal dari Siberia, anjing Samoyed memiliki fisik yang bisa beradaptasi dengan lingkungan yang dingin. Samoyed memiliki mantel ganda yang padat dan tebal. Lapisan atas berisi rambut yang panjang, kasar, lurus dan berwarna putih. Lapisan atas menjaga lapisan bawah supaya tetap bersih dan bebas dari kotoran.

Sementara, lapisan bawah terdiri dari bulu yang lebat, lembut dan pendek yang akan menjaganya supaya tetap hangat. Samoyed jantan biasanya memiliki bulu yang lebih tebal dari Samoyed betina. Semua ini menjaganya tetap hangat walau tinggal di kondisi lingkungan yang ekstrem sekalipun.

Baca Juga : Fakta Mengenai Anjing Belgian Malinois

6. Namun, Samoyed memiliki kondisi penyakit yang diturunkan secara genetik
Kamu perlu menjaga kondisi kesehatan anjing Samoyed, sebab ras ini memiliki penyakit yang diturunkan secara genetik. Penyakit ini dikenal sebagai glomerulopati herediter yang merupakan penyakit ginjal. Penyakit ini disebabkan oleh cacat pada struktur fibril kolagen tipe IV dari membran dasar glomerulus.

Samoyed jantan yang terkena akan tampak sehat dalam tiga bulan awal kehidupan, tetapi gejala bisa muncul setelahnya dan jadi memburuk. Samoyed kecil akan menjadi lesu. Jika tidak ditangani akan menjadi gagal ginjal progresif. Kematian akibat gagal ginjal biasanya terjadi pada usia 15 bulan.

7. Samoyed dapat hidup hingga 12-13 tahun
Samoyed memiliki angka harapan hidup hingga 12-13 tahun. Namun, waspadai beberapa penyakit yang bisa menyerang Samoyed. Seperti diabetes mellitus, progressive retinal atrophy (PRA), kaki pendek yang terjadi bersamaan dengan kelainan mata, stenosis paru-paru sampai hip dysplasia.

FYI, stenosis paru-paru lebih sering terjadi pada Samoyed dibanding pada anjing dari ras lain. Penyakit ini bisa menyebabkan sesak napas, aritmia jantung dan kelelahan saat bergerak serta meningkatkan risiko gagal jantung. Jadi, waspadai penyakit itu jika kamu memiliki anjing dari ras Samoyed, ya!

Nah, itulah 7 fakta menarik seputar anjing Samoyed. Menggemaskan, ramah dan periang, jadi ingin pelihara, deh!

Related posts