Komondor Domba Menggonggong Dari Hungaria

Komondor Domba Menggonggong Dari Hungaria

daftaranjingras.web.id Salah satu anjing yang berasal dari 500 tahun lalu,dengan bulu seperti domba dan menggemaskan,itulah Komondor. Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan beberapa artikel yang berkaitan tentang pembahasan mengenai Komondor Domba Menggonggong Dari Hungaria. Berikut ini akan kami berikan beberapa ulasan dan pembahasan yang berkaitan mengenai Komondor Domba Menggonggong Dari Hungaria

Karakteristik Fisik
Anjing Komondor tampak besar dan berotot, dia juga memiliki bentuk tubuh yang sedikit lebih panjang dan tidak terlalu tinggi. Anjing ini bergerak dengan langkah yang panjang, santai, dan juga ringan.Ciri khas dari anjing Komondor ini adalah mantel ganda, yang terdiri dari mantel luar dengan bulu bergelombang atau keriting kasar dan lapisan bawah yang seperti wol tebal. Kedua lapisan ini terjalin kuat membentuk seperti rumbai yang melindungi anjing tersebut dari gigi musuhnya, cuaca esktrem, dan membantunya berbaur dengan kawanan domba.

Karakteristik dan Temperamen
Anjing Komondor bersikap baik dengan ternak dan hewan peliharaan, dan merasa sangat senang saat diberi kesempatan untuk mengawasi seseorang atau sesuatu.Komondor merupakan seorang anjing pelindung yang baik, dan bersikap protektif pada keluarganya. Walaupun, mungkin kita salah menafsirkan saat dia bermain di antara anak-anak sebagai tindakan penyerangan.Anjing jenis ini juga bersifat mandiri, tenang, dan kalem. Namun, terkadang juga bersikap mendominasi dan keras kepala. Komondor bukanlah seekor anjing dengan jiwa yang lembut. Maka dari itu, perlu adanya sosialisasi awal untuk membiasakan anjing Komondor dengan orang asing dan anjing-anjing lainnya.

Cara Perawatan
Ras anjing ini tidak menyukai cuaca yang hangat. Namun, tetap bisa hidup di luar ruangan di daerah yang beriklim sedang. Walau anjing Komondor ini tidak lepas, tali (yang mulai berkembang pada usia 2 tahun) harus dipisahkan secara teratur untuk mencegah kotoran berlebih terperangkap dalam bulu anjing.Hal ini tentunya membuat memandikan dan mengeringkan anjing Komondo ini menjadi pekerjaan yang cukup sulit, serta memakan waktu sepanjang hari. Anda juga harus mengajak anjing ini berolahraga, seperti kejar-kejaran singkat di halaman, atau berjalan-jalan di sekitar lingkungan rumah Anda.

Baca Juga : Ainu Anjing Asal Hokkaido

Kesehatan
Anjing Komondor rata-rata memiliki usia 10 hingga 12 tahun, dan rentan terhadap masalah kesehatan kecil seperti CHD (canine hip dysplasia), torsi lambung, otitis eksterna, hot spots, dan entropion.Untuk mencegah dan mengidentifikasi berbagai permasalahan tersebut sejak dini, dokter hewan Anda bisa merekomendasikan tes pinggul untuk anjing dari jenis Komondor ini.

Sejarah dan Latar Belakang
Sejarah yang paling awal mencatat mengenai Komondor adalah tahun 1555, akan tetapi diperkirakan jika jenis anjing ini sudah ada jauh sebelum tahun tersebut. Peran utama dari anjing Komondor ini adalah untuk menjaga kawanan domba dari hewan predator.Anjing Komondor dapat melindungi kawanan domba secara efektif. Kenyatannya, beberapa orang percaya anjing trah ini benar-benar menghabiskan populasi serigala di Hongaria. Komondor diturunkan dari anjing Owtcharka Rusia yang besar dan berkaki panjang. Lalu, dibawa oleh orang Hun ke Hungaria.Anjing-anjing ras ini memiliki kemiripan yang mencolok dengan domba Racka atau Magyar, dengan bulu wol keriting dan sikap seperti anjing, sehingga mereka mudah bercampur dengan domba. Mereka juga tampak menjadi bagian dari kawanan domba tersebut.

Anjing Komondor pertama diperkenalkan ke Amerika Serikat pada tahun 1933, empat tahun kemudian American Kennel Club secara resmi mengakui jenis anjing ini.Sayangnya, karena kehancuran Perang Dunia II, trah ini hampir punah di Eropa. Untungnya, peternak yang berdedikasi mampu menghidupkan kembali popularitas dan jumlah mereka.Komondor merupakan salah satu anjing paling menarik di area pertunjukan—walau hanya yang terbaik yang dipamerkan. Dengan begitu, Komondor merupakan jenis yang tidak biasa di seluruh dunia, kecuali di Hungaria.Terdapat beberapa peternak baru di AS yang tertarik pada Komondor, untuk meningkatkan kemampuan gembala dan menjaga kawanan domba.

Related posts