Tips Memotong Kuku Anjing

Tips Memotong Kuku Anjing – Berikut ini merupakan artikel yang membahas tentang tips dan langkah memotong kuku anjing yang sudah dirangkum dari sumber terpercaya.

Tips Memotong Kuku Anjing

Umumnya pemilik anjing paling benci memotong kuku anjing mereka, mungkin karena mereka khawatir akan   membuat berdarah anjing mereka, dan menyebabkan rasa sakit. Meskipun hal ini bisa terjadi, membiarkan kuku tumbuh terlalu lama tidak baik untuk anjing,. Kuku yang panjang dapat membuat  kaki menjadi sakit karena jari-jari kaki membentang ke posisi yang aneh. Jika kuku kaki panjang terlalu lama, cakar anjing kesayangan kita dapat menjadi cacat.
Ada beberapa jenis pemotong kuku di pasar, tapi dua model termudah adalah tipe gunting dan tipe guillotine. Mintalah bantuan di toko hewan peliharaan lokal Anda untuk menemukan ukuran yang tepat untuk anjing Anda. Anda juga akan memerlukan beberapa bubuk obat penahan darah (juga tersedia dari toko hewan peliharaan) dalam kasus Anda membuat kesalahan saat memotong kuku.
Langkah momotong kuku
  •     Tetap tenang, jika Anda gugup dan takut, Anda mungkin bisa membuat anjing Anda gugup juga. Coba alihkan perhatiannya dengan selai kacang di tangan.
  •     Ambil satu kaki, pisahkan jari yang akan dipotong, sibakan rambut dari kuku. Jika kuku bening atau putih, Anda akan dapat melihat bagian dalam berwarna merah muda. Jika Anda memotong terlalu dalam, anjing akan menangis dan jari akan berdarah. Kuku bagian luar cepat tidak memiliki rasa sama sekali-seperti kuku Anda-disinilah di mana Anda harus memotong.
  •     Jika anak anjing anda memiliki kuku hitam, periksa semua kuku kakinya. Jika dia memiliki satu kuku putih, Anda dapat menggunakan kuku tersebut sebagai panduan.
  •     Jika tidak ada kuku putih, lihatlah kuku dari samping. Bagian atas kuku secara merata melengkung tetapi bagian bawah memiliki kurva kecil di bawah ujung dan kemudian tonjolan ke bawah sedikit di bawah. Anda bisa dengan aman bagian tersebut.
  •     Jika Anda salah memotong dan berdarah, celupkan kuku kedalam bubuk obat penahan darah dan tahan kaki masih sampai perdarahan berhenti. Kemudian, lanjutkan dengan pemangkasan Anda.
Tips berguna
Potong kuku seminggu sekali sehingga Anda dan anak anjing anda terbiasa. Anda mungkin hanya perlu untuk memangkas bagian ujung kuku, tapi tidak apa-apa. Anda akan menjadi lebih terampil dan yakin pada dirimu sendiri, dan anjing kita pun akan belajar untuk mempercayai Anda.